Info Seputar Pekanbaru dan sekitarnya

Tuesday 15 February 2011

Manfaat Buah Pare

Buah Pare, penampilannya tidak memikat, rasanya pun pahit ketika dimakan. Tetapi si Pahit ini banyak juga manfaatnya dari menambah nafsu makan, hingga meningkatkan daya tahan tubuh penderita HIV-AIDS.


Buah Pare dalam bahasa latin disebut Momordica charantia L berasal dari kawasan Asia Tropis, pada saat ini tanaman ini sudah dibudidayakan di berbagai daerah di wilayah Nusantara. Buahnya mengandung albiminoid, karbohidrat, dan zat warna, daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin dan minyak lemak, sementara akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat. Bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Manfaat buah ini dapat merangsang nafsu makan, menyembuhkan batuk, memperlancar pencernaan, membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan, dapat menyembuhkan penyakit kuning, juga cocok untuk menyembuhkan mencret pada bayi.

Belum lama ini para ahli dikejutkan dengan temuan zat luar biasa yang mereka sebut 'bitter melon', yakni senyawa anti HIV - AIDS. Zat ini dinamai alpha - momorchorin, beta - momorchorin dan MAP30 (momordica antiviral protein 30). Zat berkhasiat banyak terdapat pada biji pare tua.

Kapsul berisi bubuk biji pare sudah dipasarkan di Amerika Serikat , dan senyawa tersebut diakui menahan laju perkembangan virus HIV - AIDS. Berkat terapi buah pare para pengidap HIV - AIDS di Thailand dan AS tampak lebih sehat dan berat badannya meningkat. Tak berlebihan kiranya jika para ahli optimis kedepan bakal ditemukan obat untuk memerangi HIV - AIDS.

Selain itu, buah pare juga dipercaya untuk mengendalikan kadar gula darah bagi pengidap penyakit diabetes. Dalam buah pare ditemukan zat menyerupai sulfonilurea, bahan aktif obat diabetes yang sudah lama dikenal dan direkomendasikan oleh para dokter. Senyawa ini bertugas merangsang sel beta kelenjar pankreas memproduksi hormon insulin lebih banyak dan meningkatkan simpanan cadangan gula darah pada hati, sehingga gula yang beredar dalam darah dapat diantisipasi dan dikendalikan.

Tetapi kebanyakan mengkonsumsi buah pare bagi laki-laki dapat mematikan sperma, memicu impotensi bahkan berpotensi merusak liver. Buat wanita hamil secara berlebihan diyakini bisa menimbulkan keguguran. Nah sebaiknya mengkonsumsi buah pare dianjurkan di dalam batas normal dan tidak berlebihan secara terus-menerus.
Sumber : Dari berbagai Sumber

Judul artikel ini: Pare, Si Pahit Buat Penderita Aids dan artikel Pare, Si Pahit Buat Penderita Aids ini url-nya adalah http://pengetahuan-oemum.blogspot.com/2010/08/buah-pare-si-pahit-buat-penderita-aids.html, silahkan mengcopy paste jika artikel Pare, Si Pahit Buat Penderita Aids ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa ya untuk membuat link Pare, Si Pahit Buat Penderita Aids ini...Tengkyu

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

infopekanbarucity. Powered by Blogger.

Pengunjung